Melindungi Hutan Tanah Papua Memastikan Masa Depan dan Iklim Global

Hutan Papua
Malang, Ege News___ FOKER LSM Papua dan elemen masyarakat lainnya melakukan rangkaian kegiatan berupa pameran foto yang menggambarkan kondisi hutan Papua, parade penyelamatan hutan dan teatrikal Balada Cenderwasih untuk meminta dukungan masyarakat dalam kampanye penyelamatan hutan Papua.
Tetap menjaga Hutan di Tanah Papua dan Menjauhkannya dari perusakan dan konversi hutan sangat penting untuk memastikan keberlangsungan generasi mendatang, keanekaragaman hayati dan sebagai penyeimbang iklim global, seruan Greenpeace dan  Forum Kerjasama LSM Papua (FOKER LSM).
Charles Tawaru, Juru Kampanye Hutan Greenpeace mengatakan : “Kami mendukung pemerintah Papua dan Papua Barat serta Masyarakat Papua secara umum untuk melanjutkan semangat perlindungan hutan di Tanah Papua dan tetap memdapatkan manfaat dari penlindungan hutan tersebut tanpa harus merusaknya. Masyarakat Internasional harus memberikan perhatian dan dukungan serius untuk hal tersebut.
Setelah hutan Sumetara dan Kalimantan hampir tidak tersisa, hutan Papua dalam ancaman besar. Hampir 9 juta hektar hutan Papua telah diidentifikasi oleh pemerintah untuk kepentingan pengembangan industri skala besar. Pengambilan lahan dan pembukaan hutan terus terjadi untuk kepentingan perkebunan kelapa sawit, perkebunan kayu (HTI) dan Pertambangan. Rata-rata laju hilangnya hutan di Papua adalah 300.000 ha/tahun. Hampir dua juta hektar telah dialokasikan pemerintah untuk pengembangan food and energy estate di Merauke.
Dari pengalaman diberbagai tempat, pengalihfungsian hutan untuk perkebunan kelapa sawit dan perkebunan kayu (HTI) telah menyebabkan masalah sosial yang serius termasuk masalah lingkungan.
Dalam tiga minggu terakhir Greenpeace melakukan tur di sumatera yang disebut “mata harimau” untuk memperlihatkan bukti-bukti kerusakan hutan yang terus berlangsung dan mengakibatkan rusaknya lingkungan dan hilangnya hutan sebagai sumber inspirasi budaya masyarakat.
Septer Manufandu, Sekretaris Eksekutif FOKER LSM Papua mengatakan, Hutan Papua tidak hanya penting sebagai sebuah ekosistem yang unik namun juga merupakan sumber inspirasi budaya masyarakat Papua, memusnahkan hutan Papua secara perlahan sama dengan memusnahkan sumber inspirasi budaya masyarakat Papua.
Kami sangat khawatir dengan berbagai rencana pemerintah untuk membuka hutan Papua yang akan semakin menjauhkan masyarakat dari sumberdaya alam mereka, kami percaya masyarakat Papua memiliki nilai-nilai luhur untuk menjaga hutan Papua dan mereka dapat mengelolanya untuk masa depan mereka, Manufandu menambahkan.

SUMBER :/http://www.greenpeace.org/seasia/id/press/releases/Melindungi-Hutan-Tanah-Papua-Memastikan-Masa-Depan-dan-Iklim-Global/
 
Oleh: Alfred Pekei
Share this post :

Posting Komentar

Popular Post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. EGEDY NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger