Wiranto : Penculikan Aktivis Inisiatif Prabowo Pribadi

Wiranto, Antara News

Jakarta (Ege News) - Mantan Menhankam/Panglima ABRI Wiranto mengemukakan penculikan aktivis merupakan inisiatif pribadi Prabowo Subianto ketika menjabat Danjen Kopassus.

"Seingat saya pada saat menanyakan langsung kepada Letjen Prabowo saat itu, tentang siapa yang memberi perintah (penculikan), yang bersangkutan mengaku bahwa apa yang dilakukan bukan perintah panglima, namun merupakan inisiatifnya sendiri dari hasil analisa keadaan saat itu," kata Wiranto di Jakarta, Kamis.

Wiranto menegaskan informasi itu sudah ditulis di surat kabar nasional Kompas pada 9 Agustus 1998.

Dia menjelaskan. "Saat aksi penculikan dilakukan pada medio Desember 1997 sampai Februari 1998, Panglima ABRI saat itu adalah Jenderal Feisal Tanjung (alm)".

Sedangkan saat kasus itu terungkap sekitar Maret 1998, Wiranto mengaku baru saja menggantikan posisi Feisal.

Karena itu, kata Wiranto, dirinya tidak mengerti dengan pernyataan Prabowo (dalam debat capres) yang mempersilakan publik mempertanyakan aksi penculikan kepada atasannya.

"Perlu diketahui bahwa kebijakan panglima saat itu untuk menghadapi aktivis dan demonstran mengedepankan cara-cara persuasif, dialogis dan komunikatif, serta menghindari tindakan bersifat kekerasan atau represif. Maka aksi penculikan jelas tidak sesuai kebijakan pimpinan," katanya.

Lebih jauh Wiranto juga menjawab tudingan keterlibatan dirinya terhadap kasus Trisakti, kerusuhan Mei dan penculikan 1998.

Menurut dia dalam rentetan aksi itu ada pihak-pihak yang terlibat dan bertanggung jawab.

"Sebagai Panglima ABRI saat itu secara otomatis saya terlibat, bukan sebagai dalang, namun sebagai pihak yang tidak melakukan pembiaran," kata dia.
 

Dia menyebut apabila dirinya mendalangi penembakan, kerusuhan, penculikan, maka Indonesia sudah hancur dengan tingkat kerusakan tak terbayangkan.

Selain itu apabila dirinya memerintahkan penembakan di Trisakti 1998 maka korban bisa mencapai ratusan jiwa.

"Kenyataannya penembakan di Trisakti telah saya usut dan menghukum pelakunya. Kerusuhan secara nasional juga dapat saya netralisir hanya dalam dua hari, dan untuk penculikan sudah jelas saya yang mencegah dengan kebijakan persuasif, dialogis dan komunikatif," kata Wiranto.


Sumber : Antara News,  

http://www.antaranews.com/berita/439937/wiranto--penculikan-aktivis-inisiatif-prabowo-pribadi

Share this post :

Posting Komentar

Popular Post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. EGEDY NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger